Minggu, 22 Agustus 2010

Problema Kulit Saat Hamil

Sebagai perempuan, pasti Anda ingin selalu terlihat cantik dan menawan. Meskipun di saat hamil, Anda tidak ingin terlihat buruk. Padahal di saat kehamilan ada beberapa perubahan yang terjadi pada kulit Anda. Perubahan pada kulit selama masa kehamilan terjadi karena perubahan hormonal ataupun akibat perubahan berat tubuh. Untuk itu, sebaiknya Anda kenali perubahan tersebut dan cara penangganannya.

Melasma

Biasanya akan timbul bercak-bercak coklat pada kulit, terutama pada seputar mata, pipi dan dekat bibir atas. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang membuat kulit menjadi peka terhadap sinar matahari. Untuk perawatannya, Anda bisa coba gunakan produk yang mengandung bahan peluruh maupun bahan penipis noda seperti AHA, hydroquinone maupun retinol sesudah masa menyusui. Untuk mencegahnya selama hamil, sebaiknya Anda gunakan tabir surya setiap akan beraktivitas di luar.

Stretch Mark

Biasanya akan muncul tanda parut yang berwarna kemerahan pada kulit di sekitar perut. Hal ini diakibatkan oleh melebarnya jaringan kulit karena secara tiba-tiba harus menyangga beban tambahan. Untuk perawatannya, Anda tidak bisa hilangkan secara total tetapi setidaknya berkurang. Anda bisa gunakan pelembab seperti minyak zaitun atau minyak vitamin E selama dan sesudah kehamilan. Agar mengurangi resiko timbulnya stretch mark, sebaiknya Anda jaga berat badan Anda karena biasanya pada saat hamil berat tubuh akan naik secara drastis.

Jerawat

Jika biasanya Anda tidak pernah berjerawat, mungkin pada saat Anda hamil nanti akan mengalami hal tersebut. Hal ini dikarenakan perubahan hormon yang ada dalam tubuh Anda dan ini termasuk hal yang wajar saja. Untuk perawatannya, sebaiknya Anda jangan sembarangan menggunakan obat yang mengandung antibiotika, BHA dan AHA.

[info-sehat.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar