Minggu, 22 Agustus 2010

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil

Merokok adalah penyebab dari segala jenis penyakit. Merokok pada saat mengandung hanya akan membahayakan ibu dan janin. Masa ibu hamil adalah masa dimana seorang wanita memerlukan berbagai unsure gizi yang jauh lebih banyak daripada yang diperlukan dalam keadaan tidak hamil. Merokok bukan hobi yang baik bagi ibu hamil.

Data lain menyebutkan, akibat merokok diperkirakan bahwa angka kematian sebanyak 350.000 per tahun lebih banyak daripada kehilangan total jiwa orang Amerika dalam perang dunia I, Korea dan Vietnam. Dalam tahun 1979, laporan US Surgeon General mengatakan : “Merokok sigaret merupakan faktor lingkungan tunggal yang paling penting dalam meningkatkan kematian dini di Amerika Serikat”.

Perlu anda ketahui, setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4.000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan boleh membawa maut. Dengan ini setiap sedutan itu menyerupai satu sedutan maut.
Tar : Mengandung sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanker.
Nikotin : turut menjadi puncak utama resiko serangan jantung dan strok, karena nikotin adalah jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah.

Karbon monoksida : adalah gas beracun yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan. Selain itu karbon monoksida adalah gas beracun yang dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Darah anda bisa menggumpal dan terjadi penyumbatan di mana-mana.
Bagi Anda yang tidak merokok bukan berarti bisa terbebas dari resiko di atas. Karena ternyata ibu hamil perokok pasif yang mencium asap rokok 2 jam atau lebih, memiliki resiko melahirkan anak berbibir sumbing sebanyak 60 persen.
Intinya rokok menurunkan kekebalan tubuh sehingga meningkatkan resiko infeksi dalam rahim serta kontraksi otot rahim. Inilah kenapa bisa terjadi abortus premature, pertumbuhan janin menjadi terhambat, kematian mendadak janin atau keguguran, bahkan dapat menganggu baik perkembangan kesehatan fisik maupun perkembangan kesehatan intelektual anak.

Selain itu yang dirugikan bukan saja orang yang merokok, tetapi lingkungan anda pun akan terkena imbasnya juga. Perokok pasif mempunyai bahaya yang lebih besar daripada perokok aktif.
Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada anak anda bukan? Untuk itu hindarilah rokok sedini mungkin.
Tapi semua itu terserah anda. Jika anda menginginkan generasi yang cacat otak, bodoh, memiliki berat badan yang rendah, dan juga mempunyai bibir sumbing, silahkan merokok!

Sumber : www.dunia-ibu.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar