Minggu, 22 Agustus 2010

Persiapan Ibu Hamil

Persiapan kehamilan tentu saja merupakan sesuatu yang lumrah dan dilakukan oleh hampir setiap pasangan terutama mereka yang baru saja menikah. Karena buah hati pertama adalah buah hati yang paling spesial dan selalu dinantikan, maka persiapan kehamilan yang optimal sangat perlu dilakukan agar si jabang bayi dapat tumbuh sehat.

Ya, apabila anda menginginkan keturunan yang berkualitas dan sehat ketika dilahirkan, anda perlu membuat persiapan kehamilan dengan sebaik mungkin. Beberapa tips dibawah ini juga dapat digunakan sebagai acuan anda untuk mempersiapkan kehamilan dengan baik;

* Persiapkan waktu khusus untuk persiapan kehamilan tersebut, maksudnya; kehamilan terbaik merupakan kehamilan yang sangat terprogram. Dengan waktu yang tertata dengan baik, anda tentunya tidak akan terlalu sibuk, stress, ataupun capek untuk mempersiapkan kehamilan.

* Jaga kondisi kesehatan dengan baik termasuk berat badan. Dalam persiapan kehamilan dengan kesehatan optimal dan berat badan ideal, seorang ibu akan lebih siap dengan memproduksi sel telur yang sehat sempurna untuk kemudian dibuahi dan menjadi janin yang sempurna pula.

* Jaga asupan gizi dengan baik, seimbang serta hindari makanan cepat saji dan yang mengandung bahan kimia.

* Makanan alami yang mengandung asam folat tinggi merupakan pilihan tepat untuk selama persiapan kehamilan. Asam folat adalah zat yang akan berperan penting dalam pertumbuhan otak yang terjadi pada bulan pertama hingga 12 minggu pertama kehamilan.

* Jika menurut anda vitamin yang anda konsumsi tidak cukup banyak dan anda memerlukan tambahan suplemen, kunjungi dokter kandungan untuk melakukan konsultasi karena ada sebagian vitamin yang tidak baik dikonsumsi berlebih oleh ibu hamil, terutama vitamin A.

* Tingkat kesuburan juga dapat berkurang ketika si calon ibu mengkonsumsi obat – obatan. Maka dari itu, sebaiknya hal ini juga dikonsultasikan dengan baik pada dokter anda dan kemudian anda akan memiliki persiapan kehamilan yang optimal.

* Hindari asap rokok, alkohol, polusi udara dalam waktu lama dan sebagainya. Dengan menghindari semua itu, bayi anda akan tumbuh sempurna dan sehat.

* Berolah raga juga merupakan persiapan kehamilan yang baik. Anda dapat mempersiapkan fisik dengan baik, meningkatkan kesuburan serta kualitas hubungan dengan melakukan olah raga teratur. Selain itu, fisik yang kuat akan sangat membantu saat proses persalinan.

* Persiapan kehamilan juga akan sangat didukung oleh pikiran yang rileks. Jadi anda tidak perlu berusaha keras dalam program kehamilan tersebut. Nikmati saja kebersamaan anda berdua serta berusaha dengan baik untuk keberhasilan program.

Suber : www.dunia-ibu.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar