Jumat, 26 Oktober 2012

Manfaat Terbaik Mangga untuk Ibu Hamil



Setelah membaca artikel manfaat mangga sebelumnya, kali ini akan diterangkan apa manfaat dari buah mangga bagi ibu hamil.Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih besar untuk kesehatannya dan bayinya. untuk itulah mangga sangat baik bagi ibu hamil karena memiliki gizi yang tinggi.



Gizi yang terkandung didalam serta manfaat buah mangga antara lain :
Serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk kelancaran pencernaan. Keluhan ibu hamil seperti sembelit dapat teratasi dengan cukupnya konsumsi serat baik serat larut maupun tidak larut air. Bila pencernaan kita tidak lancar, maka penyerapan nutrisi oleh tubuh akan terganggu. Untuk menambah dosis serat setiap harinya, dianjurkan untuk mengkonsumsinya sedikit demi sedikit. Penambahan porsi serat secara tiba-tiba akan menimbulkan kelebihan gas dalam lambung sehingga membuat kita tidak nyaman.
Kalium/potassium. Kalium berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Terlalu banyaknya cairan yang tertahan dalam tubuh dapat menyebabkan kaki kita menjadi bengkak.

Antioksidan. Mangga pun merupakan sumber beta-karoten dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitamin C) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya. Radikal bebas secara tidak langsung akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan janin. Tentunya radikal bebas sulit kita hindari, oleh sebab itu antioksidan sangat penting dikonsumsi. Vitamin A sangat baik untuk perkembangan organ penglihatan janin kita.

Sumber energi. Buah mangga mengandung gula yakni sukrosa dan karbohidrat yang baik untuk sumber energi sehingga gula darah kita menjadi stabil. Buah mangga dapat dijadikan snack yang sehat. Snacking penting untuk menjaga kestabilan gula darah dan menjaga agar suasana hati kita lebih stabil (berapa banyak ibu hamil mengalami suasana hati yang tidak menentu karena pengaruh hormonal dan gula darah?) hehehe..

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buah mangga yang baik adalah pilihlah buah mangga yang tidak terlalu lembek dan tidak berbau terlalu menyengat. semoga tips kali ini bermanfaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar